Giggs Inginkan Tim Britania Raya Dipertahankan

Selasa, 17 Juli 2012 | 08:15 WIB

AFP/PAUL ELLIS
 LONDON, KOMPAS.com – Ryan Giggs berharap agar tim Britania Raya dipertahankan setelah Olimpiade 2012. Menurutnya, ini lebih baik karena bisa menampung lebih banyak pemain berbakat di seluruh Britania Raya.
Britania Raya tampil di Olimpiade 2012. Tim ini tak hanya terdiri dari pemain Inggris, tapi juga Wales. Tim Britania Raya terakhir bermain pada 1960. Namun, kemudiananggota Britania Raya seperti Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara menolak bergabung karena merasa memiliki identitas sepak bola sendiri.

Meski begitu, tim seperti Wales sulit tampil di ajang internasional karena selalu kalah di babak penyisihan. Terakhir kali Wales tampil di putaran final Piala Dunia 1958. Wajar jika Olimpiade 2012 merupakan pengalaman pertama bagi Giggs tampil di ajang internasional.

“Aku berharap kesempatan ini (tim Britania Raya) bukan terakhir kalinya, mengaca apa yang aku alami dan rasakan pada pekan ini. Aku berharap di Olimpiade berikutnya akan lebih banya yang terlibat di tim Britania Raya,” kata Giggs.

Tim Britania Raya kali ini memang hanya diisi 13 pemain Inggris dan 5 pemain Wales. Padahal, sebenarnya Skotlandia dan Irlandia termasuk dalam Britania Raya.

“Baik diriku maupun Craig (Bellamy) adalah orang Wales. Tapi, bagiku, ini kesempatan yang tak bisa kulewatkan di ajang olahraga terbesar di dunia ini,” kata Giggs yang kini berumur 38 tahun.

“Aku sangat senang karena sejauh ini segalanya berlangsung mengagumkan dan semoga ini akan terus berlanjut. Federasi sepak bola yang berbeda mungkin saling bersaing, tapi publik yang aku temui menyambutnya dengan positif,” tambahnya.

Giggs juga menegaskan, “Aku bukan politisi. Tapi, dari apa yang aku alami, aku hanya berharap pemain bola Britania Raya lainnya juga bisa mengalami apa yang kualami.” (AFP)

 

Tinggalkan komentar